Selasa, 25 Desember 2012

Saya….. toRAYA


 “Perkenalkan, saya Sarti, lengkapnya Sarti Tinggi Tandipayuk, orang TORAJA.” Seandainya saya punya keberanian lebih, mungkin kalimat inilah yang akan keluar dari mulut saya untuk memotong pembicaraan seorang ibu yang rumahnya dekat kost-an saya beserta tamu-tamunya, dan salah satu dari tamunya itu “katanya” tahu betul sifat orang-orang Toraja, orang-orang yang sesuku dengan saya. Oh iya, sebelumnya saya mengaku kalau saya bersama teman kost saya yang juga kurang kerjaan telah menguping pembicaraan mereka. Pembicaraan itu berlangsung di depan rumah si ibu tetangga dan melibatkan 4 tokoh : 
  1.  Ibu tetangga 
  2. Tamu I, laki-laki (mungkin keluarga si Ibu, dia galau karena wanita, sepanjang pembicaraan beliau duduk sementara tokoh lain mengitarinya. 
  3. Tamu II, (juga)laki-laki, dan sepertinya dia yang paling bijaksana, soalnya sepanjang pembicaraan yang keluar dari mulutnya berupa wejangan-wejangan. 
  4. Seorang wanita, boleh dikata, tokoh keempat ini hanya figuran karena sepanjang pembicaraan, dialognya tidak cukup berarti.
Saya tidak tahu bagaimana pembicaraan mereka bermula, tapi saya yakin saya tidak terlalu benyak melewatkan pembicaraan (sebut saja) penting itu.
Awalnya, saya dan teman saya hanya tertawa kecil mendengar pembicaraan itu. Kesimpulan pertama (kami), Tamu I adalah keluarga Ibu tetangga, dia sedang galau karena wanita, dan sepertinya Tamu II pernah punya hubungan dengan wanita itu. Yah…,cinta segitiga gitulah. Tapi mendengar pembicaraan mereka lebih lanjut, kesimpulan pertama gugur. Apalagi setelah mendengar Tamu I bicara seperti ini “kau tidak tau bagaimana rasanya diputus sama cewek…..” dan penjelasan beliau selanjutnya yang menggiring kami membuat kesimpulan kedua “Tamu I galau karena hubungannya tidak direstui, dan dia ikut pembicaraan ini untuk mendengarkan tips mengakhiri hubungan”. Kesimpulan kedua ini bertahan, sampai akhirnya kami mendengar Tamu II berbicara seperti ini “..begitu memang @##$%%% (kurang jelas, karena saat kalimat ini terlontar ada motor yang melintas), seratus juta uangmu, seratus juta habis”. Untuk beberapa detik saya sempat berkesimpulan “ceweknya matre”, sampai kalimat selanjutnya terlontar “Begitu orang Toraja. Kutau semua sifat-sifatnya orang Toraja !” SUMPAH….saya kaget mendengar kalimat barusan. Kesimpulan dari beberapa kali kesimpulan ini adalah suku rupanya. Suku Toraja.
Mungkin efek kaget, beberapa menit saya tidak sempat lagi merekam dengan baik pembicaraan mereka selanjutnya. Sepertinya mereka membahas adat-istiadat Toraja yang mereka takutkan akan menguras uang yang banyak. Kaget campur rasa ingin protes dengan perkataan Tamu II barusan. Saya ingin menjelaskan kalau upacara adat yang mereka takutkan itu hanya dilaksanakan oleh kalangan tertentu, kalangan yang berada, toh yang merasa tidak mampu tidak akan sejauh itu. “seratus juta uangmu, seratus juta habis” jika kalimat ini benar, lalu kenapa ada juga orang Toraja yang bisa kaya?? Jika kalimat ini dia tujukan khusus buat cewek-cewek Toraja, pasti bakal banyak yang protes.
Konsentrasi nguping saya belum pulih total, eh…Tamu II lagi-lagi mengeluarkan jurus ajaibnya “sedangkan orang Toraja saja berpikir kalau mau kawin sama orang Toraja @#$%^@#). Ya Tuhan….,hasil surveykah ini ? ADUUUHH…,bapak tamu II..,semua orang kalau mau kawin pasti “berpikir” Pak ! (Ngomong dalam hati). Atau  inikah alasan kenapa saya jomblo ? hahahaha….maaf curcol..,tapi untuk itulah tulisan ini ada, lagian tulisan kan tulisan saya, jadi terserahlah saya mau tulis apa (lagi-lagi maaf kalau terkesan seenaknya, tapi saya bisa pastikan “seenaknya” bukan sifat orang-orang Toraja, Tamu II pasti tahu).
Lagi-lagi saya harus melewatkan beberapa bagian dari dialog-dialog ajaib ini karena jurus Tamu II yang sungguh ajaib. Dan keajaiban itu masih berlanjut. “orang Toraja itu kuat skali ikatan persaudaraannya, jadi susahko!” Ya ampun, saya tidak mengerti maksud jurus ini. Bukannya ikatan persaudaraan yang kuat adalah hal yang baik ? Ataukah salah satu tujuan pernikahan adalah memutuskan ikatan persaudaraan pasangan masing-masing ? Saya yakin tidak seperti itu. Tidak di suku Toraja, tidak di suku manapun.
Menyadari kalau saya tidak akan pernah punya keberanian menghentikan pembicaraan ajaib itu, saya hanya bisa tertawa keras, dan berusaha bercanda dengan patner nguping saya dengan bahasa Toraja. Mungkin pembicaraan mereka demikian serius sampai bahasa Toraja saya tetap saja tidak sampai di kuping mereka. Ataukah mereka memang tidak tahu kalau saya sedang berbahasa Toraja ? Bukannya tamu II tadi sempat bilang kalau dia tahu semua sifat-sifat orang Toraja ? Oh iya..,beliau hanya tahu sifat-sifatnya, bukan bahasanya (lagi-lagi, konsentrasi saya hilang).
Dan setelah jurus-jurus inti yang ajaib, sampailah kita di jurus penutup Tamu II yang tak kalah ajaibnya “Makanya, klo mauko bagus, kusarankan pacaranko di luar komunitasmu !” | Saya heran, tapi cuma sesaat. Komunitas berbeda dengan suku. Yang beliau sarankan “komunitas”, bukan “suku”. Pembicaraan bubar, Tamu II pergi. Naik motor. Mungkin beliau pulang. Mungkin sambil “berpikir”.



2 komentar:

Vena mengatakan...

hahahhahahha.....
cuco buangeeetttt....!!!!!!!!!!!

sy jg sring dgr koment2 sperti i2 mengenai org toraja.. but, I don't care..

sprt yg km bilg bkn cm org toraja sj yg lain jg sprt i2,, jgn kn suku di indo di luar negeri pun sprt i2 koq..!! :)

Unknown mengatakan...

tapi masa iya orang korea takut jg sm org Toraja???..buktinya .....

Teman Sebangku

Beberapa hari yang lalu, facebook mempertemukan saya   dengan teman itu pernah sebangku saat di kelas empat dan lima SD. Sejak lulus SD ...